Minggu, 20 Maret 2016

sejarah hotel tugu lombok



1 Sejarah Berdirinya Hotel Tugu Lombok
Surga tropis dibalut sejarah kerajaan hindu ratusan tahun lalu inilah atmosver yang menyelimuti hotel ditepian pantai sire. Ratusan koleksi menarik asli dan unik yang di display cantik memberikan cita rasa indonesia begitu kental dan khas yang mungkin sulit ditemukan di resort-resort lainnya.
Hotel yang soft openingnya pada juli 2008 silam ini, berada di pantai sire, wilayah barat laut Lombok. Tak hanya berada di area yang pantainya berpasir putih dan airnya berwarna biru , view gunung rinjani sebagai latar menjadikan lokasi Hotel Tugu Lombok begitu menarik dan mengesankan. Apalagi saat menyaksikan sunrise kala pagi menjelang pemandangan laut lepas yang sangat indah dan mempesona. Trio gili ( Air,Meno dan Trawangan) yang menjadi surganya para penyelam dan penggemar snorklling juga bisa ditempuh dalam hitungan menit saja dari sini. Hanya 20 menit menggunakan private boat yang disediakan hotel. Atau bagi penggemar golf yang berdekatan langsung dengan hotel tugu, membuat hotel tugu lombok menjadi pilihan tepat untuk menginap yang sangat menguntungkan. Begitu dekat dan mudah untuk melakukan aktivitas olahraga favorit sambil berlibur dan bersantai. Bisa dibilang berdirinya Hotel Tugu Lombok cukup menarik dari penuturan Lucienne Anhar, putri dari owner Hotel Tugu Lombok. Pembanginan hotel bermula dari koleksi barang-barang antik yang dimiliki ayahnya. Salahsatunya, Rumah Ampenan yang sudah berusia 200 tahun. Dengan mengalih fungsikan rumah yang mendapat pengaruh budaya Cina, Melayu, arab dan Eropai ini menjadi area penerima hotel / lobi serta menambahkan unit-unit bangunan lainya, maka berdirilah Hotel Tugu Lombok.
Konsep yang melatari hotel yang berdiri diatas bekas perkebunan kelapa seluas 6 hektar ini pun tak kalah menarik. Berawal dari sebuah "misconcepetion", yang akhirnya membuat sang owner ingin membangkitkan kembali sejarah masalalu Lombok yang terlupakan melalui properti yang dibangunnya. Ditemukannya kitab Negara Kertagana di Puri Cakranegara dan pluralnya kehidupan serta budaya masyarakat Lombok di masa lalu , yang coba diangkat dan dikemas untuk konsep hotel. Ditambah dengan suntikan cerita epik Mahabharata untuk membawa aura romantis di sini.
Hotel Tugu Lombok adalah salah satu bagian dari properti yang betpusat di malang jawa timur adapun properti Hotel Tugu sebagai betikut:
1.       Tugu Lombok Hotel, pantai sire - Lombok
2.       Tugu Bali, Pantai Canggu - Bali
3.       Tugu Belitar Hotel, jalan merdeka - Belitar
4.       Tugu Malang Hotel, jalan Tugu- Malang
5.       Dapur Babah Elite, jalan Veteran 1 - jakarta pusat
6.       Tao Bar & Lounge, Jalan veteran 1 - Jakarta Pusat
7.       Lara Djonggrang, Jalan Teuku Cik Di Tro - Jakarta Pusat
8.       La Bihzad Bar & Lounge, Jalan Raya Teuku Cik Di Tro - Jakarta Pusat

 Departemen Hotel Tugu Lombok
Departemen-departemen yang terdapat disutau hotel pada umumnya sama, departemen tersebut berbeda dengan hotel satu dengan yang lainnya tergantung dari pihak manajmen dalam menklasifiksi dan menghirarki tugas dan tanggung jawab suatu hotel pada umumnya adalah sebagai berikut:
1.        Front office Departement
Yaitu departement yang mejual kamar, meberikan pelayanan dan informasi tentang hotel, mengkoordinasi pelayanan, melayani pembayaran serta menangani penyusunan daftar riwayat hidup tamu.
2.        Housekeeping Departement
Yaitu bagian yang bertugas dan bertanggung jawab dalam memelihara kebersihan dan penataan kamar tamu serta kebersiham area hotel.
3.        Food and Beverage Departement
Yaitu bagian yang bertugas melayani dan menyiapkan makanan dan miniman baik di restoran, kamar maupun di bar.
4.        Acounting Departement
Yaitu bagian yang bertugas dan bertanggung jawab penuh dalam mengelola keuangan hotel.
5.        Marketing Departement
Yaitu bagian yang bertugas dalam memasarkan hotel ke kancah internasional sesuai dengan kebutuhannya.
6.        Human Resouse Departement
Yaitu bagian yang bertugas dalam penerimaan karyawan hotel (Rekrut Karyawan) termasuk mengatur penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan karyawan serta mengurus hak dan kewajiban karyawan.
7.        Security Drpartement
Yaitu bagia yang bertugas dan bertanggung jawab menjaga keamanan serta ketertiban lingkungan hotel.
8.        Purchasing Departement dan Store Departement
Yaitu bagian yang bertanggumg jawab penuh atas kebutuhan serta pengadaan barang dan penyimpanannya.
9.        Loundry and Dry Cleaning Dpartement
Bagian yang bertugas mencuci semua linen hotel, pakaian serta seragam karyawan serta pemeliharaannya.
10.    Enggineting Departement
Bagian yang menangani kerusakan dan menjaga alat elektronik hotel.


4.1.2 Struktur Organisasi Hotel Secara Umum

Bagan 4.1.2 : Struktur Oganisasi Hotel secara Umun
Sumber:http://2.bp.blogspot.com/_GrgIynGxA/TSfqPTv1pI/AAAAAAAAbo/jsG7iPYeQjE/s1600/A-1.jpg

 Fasilitas-fasilitas Hotel Tugu Lombok
1.       Kokok Peletok Restourant
Kokok pletok restourant adalah terletak di sebelah kiri lobby. Restourant yang berkapasitas 50 orang. Restourant ini dihubungkan dengan jambatan menuju jalan ke lobby. Jambatan ini bisa digunakan sebagai tempat bersantainya bagi para tamu yang baru datang ( expected arivall). Dengan dilengkapi kolam ikan menjadikan jembatan penghubung ini sangat menarik bagi setiap tamu yang datang. Kokok pletok restoran
digunakan untuk beakfast, lunch dan dinner. Buka hanya 4 hari dalam seminggu dari jam 07:00 am - 23.00 pm. Menu yang ditawarkan disini adalah Western, Asian dan Indonesia.
2.        Gedong Gandrung Restourant
Gedong Gandrung Reatourant adalah restoran baru yang gaya arsitekturnya menggunakan gaya klasik dan terdapat koleksi-koleksi bersejarah yang di pajang di sisi-sisi restoran. Restoran ini buka pada hari senin, rabu dan jum'at.
3.         Chinese Tempel
Chinese temple adalah tempat dinner yang di sediakan bagi para tamu yang lagi honeymoon atau yang menginginkan suasana romantis. Tempel di lengkapi dengan dekorasi yang sederhana tapi romantis dan di bubuhkan musik tradisional bali lombok. Letaknya 150 meter dari restourant kokok pletok dan loby. Tujuan dibuatnya adalah jika restourant penuh , sebagian tamu bisa di sugest untuk dinner disini. Terletak di dekat pantai dan kebun kelapa yang dilengkapi patung dewi sinta yang berdiri tegak di sebelah timur menambah suasana romantis yang tidak akan terlupakan sepanjang waktu. Tempel ini hanya memfasilitasi untuk dinner saja. Dibuka mulai jam 19:00 sampai dengan jam 23:00.
4.        Roro Djonggrang Bar
Roro Djonggrang Bar terletak di sebelah kiri kokok pletok dan tempat cooking class. Bar yang beratap ilalang berpagar bambu ini menyediakan minuman berupa coktail maupun moktail. Disamping itu juga disini menuediaka jamu tradisional ala Faisol dan free tea time yang dibuka mulai pukul 16:00-18:00 bagi para tamu yang menginap. Roro Djonggrang Bar buka mualai 07:00 pm hingga 23:00 pm.
5.    Hening Swarga SPA
Spa di sediakan bagi tamu yang menginginkan terapi ataupun fit body massage. Spa yang menyediakan menu-menu klasik leluhur indonesia. Swarga SPA buka mulai 09:00 am sampai 20:00 pm dan last appointment 19:00 pm. Disisi ruangan SPA terdapat ruangan Gymnasium buat tamu yang mau berolahraga. Gymnasium buka dari pukul 06:00 hingga 18:00 pm.
6.    Public Swiming Pool
Terletak di depan restoran yang merupakan kolam renang utama di hotel tugu lombok. Yang airnya yang berwarna hijau jernih yang di lengkapi dengan patung Dasa Muka.
7.    Clinik/ Medical
Sebagai hotel yang jauh dari rumah sakit, tentu hotel tugu lombok menyediakan klinik center dengan medicine lengkap. Pengecekan dilakukan oleh dokter rumah sakit tanjung.
8.    Art Galeri Art Galeri
Terletak di sebelah kanan lobby. Disini menyediakan barang art sho, busana, post card maupun kebutuhan sehari-hari tamu.
9.   Tour and Travel
Tugu Lombok juga menyediakan jasa tour and travel sewa bobil dan sebagainya. Dan tersedia juga jasa pnjemputan atau pengantatan tamu dengan tenaga driver yang berpengalaman.
10.  Horse and Cart
Buat tamu in-house yang ingin merasakan segarnya udara tanjung dengan cidomo. Pada pagi hari biasanya tamu akan diajak mengunjungi pasar tradisional yaitu pasar tanjung atau pemenang.
11.  Sepeda
Bagi tamu yang sekedar ingin menikmati indahnya suasana hotel, disediakan sepeda sebanyak 10 unit sepeda untuk anak-anak dan dewasa, sepeda ditempatkan di depan ruang metting dekat loby.
12.  Dragon Boat and Beach Club
Akan membantu tamu yang mau melakukan diving, boat fishing, sunsetcruise, dan snorkeling ke gili ataupun di dekat hotel. Beach Club juga memberikan pelayanan kepada tamu yang mau snorkeling di area pantai hotel.
13.  Fasilitas kamar Hotel
Tugu Hotel memiliki 36 kamar diantaranya pavilion dan villa
a.        luxuary pavilion garden view (kampung lombok)
b.        luxuary ocean view with pool (bhagavat gita)
d.        luxuary villa garden view (aloon-aloon)
a.        puri dadap merah (royal villa)
b.        sangyang jagatnata (royal villa)
c.        sangyang nirvana (royal villa)

















Struktur Organisasi Food and Beverage Service Hotel Tugu Lombok



 











      
Bagan 4.1.5


Tidak ada komentar:

Posting Komentar